Jangan Ngaku Sebagai Perenang Jika Belum Menguasai Gaya-Gaya Ini!

Berenang adaah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati orang-orang. Selain mengasyikkan, bereang juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Dengan berenang kalian bisa memperbaiki postur tubuh dan menyeimbangkan berat badan. Dikutip dari iosappers.com karena banyak penggemar, olahraga air ini terpilih sebagai salah satu cabang dalam kompetisi olahraga nasional maupun internasional. Banyak perenang yang berlomba-lomba untuk mengikuti kompetisi ini. Nah, apabila kalian ingin menjadi seorang pemenang harus menguasai beberapa macam gaya renang berikut ini.

  1. Gaya Renang Bebas

Gaya renang bebas menggunakan teknik yang menekankan kebebasan pada penggunaan tangan maupun kaki dalam air, sehingga kalian dapat meluncur. Meskipun dinamakan gaya bebas, namun dalam pengimplementasiannya juga berdasarkan aturan.

Posisi tangan dengan gaya ini adalah mengayuh ke depan secara bergantian dan posisi kaki menendang yang menyerupai gerakan gunting (buka-tutup).

 

  1. Gaya Renang Punggung

Jika kalian pernah melihat orang terlentang di atas air, itulah gaya renang punggung. Posisi punggung kalian mengapung di atas air. Sedangkan posisi kaki dan tangan mirip seperti gaya renang bebas. Perbedaannya hanya terletak pada arah yang berlawanan dan cara pengambilan nafasnya yang lebih mudah gaya renang punggung daripada gaya renang bebas.

  1. Gaya Renang Dada

Sering digunakan pada olimpiade olahraga internasional, gaya renang dada memiliki julukan lain yaitu breakstroke swim. Gaya renang ini menggunakan teknik berenang menyerupai seekor katak yang menitik beratkan pada kekuatan tangan dan kaki dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Pergerakan yang dihasilkan menggunakan gaya renang ini adalah lambat, sehingga cocok bagi yang ingin berenang secara santai.

  1. Gaya Renang Kupu-Kupu / Lumba-Lumba

Berbeda dengan gaya renang dada yang menyerupai gerakan katak, gaya renang jenis ini memiliki gerakan yang mirip dengan kupu-kupu atau lumba-lumba. Sudah ada sejak tahun 1933, gaya renang ini juga sering dipertandingkan pada olimpiade renang, baik nasional maupun internasional. Julukan lain dari gaya renang ini adalah butterfly stroke.

Gaya renang jenis ini lumayan cukup sulit dibandingkan dengan gaya renang lain karena membutuhkan kekuatan yang cukup besar pada tanga dan kaki.

  1. Gaya Renang Samping

Meskipun jarang dipertandingkan pada perlombaan renang, gaya renang ini juga terkadang dipakai oleh beberapa perenenag profesional. Gaya renang jenis ini mengutamakan sisi samping bagian tubuh, baik sebelah kiri maupun sebelah kanan.

  1. Gaya Renang Anjing

Memposisikan kepala berada di atas permukaan air serta posisi tangan dan kaki dengan gerakan menendang, gaya renang jenis ini menyerupai posisi anjing yang sedang berenang. Gaya renang anjing jarang diketahui, sehingga juga jarang diperlombakan.

Nah, bagi kalian yang memiliki hobi berenang atau ingin menjadi seorang atlet perenang, setidaknya kalian harus menguasai teknik dari keenam gaya renang tersebut. jangan lupa latih terus teknik berenang kamu ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*