Kenali Teknik Membatik ini Agar Tidak Salah Kenal

Untuk memperingati hari membatik tanggal 2 Oktober kali ini Loop akan membahas tentang teknik pembuatan batik. Batik memang salah satu budaya asli Indonesia yang diakui oleh UNICEF lho. Batik dihasilkan dari kreasi para seniman dengan jiwa seni yang tinggi. Di Indonesia hampir setiap daerah memiliki jenis motif, ciri, makna simbolik dan teknik pembuatan yang berbeda. Nah, daripada bingung lebih baik melihat teknik pembuatan model batik yang biasa, simak di bawah ini.

Teknik canting tulis

Jika Anda sudah familiar dengan batik, tidak heran jika Anda tidak tahu namanya. Canting adalah alat khas jawa yang digunakan untuk membatik. Dari alat musik inilah teknik canting mulai populer di masyarakat Jawa. Fungsi kemiringan ini adalah untuk menuliskan motif batik pada kain. Canting diisi dengan cairan lilin terlebih dahulu, kemudian kain dapat dicelupkan ke dalam pewarna. Nah pada bagian yang sudah ditulis itu tidak akan luntur dengan warna. Cara ini membutuhkan jiwa seniman dan juga kesulitan hingga ketelitian tinggi. Sebab, harga batik tulis tangan ini sangat mahal.

Teknik celup ikat

Anda mungkin pernah mempelajari teknik ini di sekolah karena sangat sederhana. Realisasi pola pada kain diperoleh dengan cara mengikat bagian kain kemudian mencelupkannya ke dalam pewarna. Setelah itu, ikatannya dibuka, sekarang kain yang diikat sudah pasti tidak berwarna, bukan? Ini pola batiknya. Teknik pewarna ikat juga dikenal sebagai jumputan, tritik, sasirangan dan pelangi.

Teknik printing

Teknik pencetakan ini dicetak dengan menggunakan alat cetak. Proses pewarnaan pada batik cap ini diwarnai pada satu sisi kain saja. Sehingga proses produksinya lebih efisien dan cepat. Bayangkan dalam satu cetakan, satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit. Tak hanya itu, alat cetak ini sangat canggih sehingga motif batiknya pun akan lebih detail lho.

Teknik Cap

Teknik sungkup ini menggunakan sungkup miring yang muncul, di mana sungkup miring tersebut dicelupkan ke dalam cairan malam kemudian dicetak pada kain. Keuntungan dari teknik ini adalah dilakukan lebih cepat oleh para ahli.

Teknik colet

Anda pasti akan melihat batik dengan warna berbeda. Sekarang proses produksi dengan warna berbeda menggunakan teknik infill. Teknik ini biasa dikenal dengan teknik menggambar. Pembuat batik perlu mengaplikasikan pewarna kain atau pewarna kain lainnya dengan menggunakan kuas dan kemudian mengecat polanya ke kain. Looper, teknik ini membutuhkan jiwa seni yang tinggi karena untuk membuat sebuah motif harus hati-hati agar warna bisa menyatu. Semakin baik alasannya, semakin tinggi harganya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*